Senin, 30 Maret 2015

PARENTING NABAWIYAH

Sharing sedikit tentang Parenting nabawiyah. Agak panjang tapi seru.

Oleh: Ustadz Budi Ashari

Panduan mendidik kesholihan anak dalam setiap tahapan usia.

Lelah mendidik anak? Itu adalah bukti bahwa anda belum menikmati proses dan hasil mendidik anak.

Apakah kita bahagia setelah anak kita sukses (sarjana, dapat kerja, dll)? Itu terlalu lama. Apalagi kalo anaknya bnyk.

Anak2 itu aset. Bukan beban. Anak sholeh yg bs mendoakan ortunya, itu aset. Ketika qt meninggal, maka yg plg berhak mensholatkan qt adlh anak qt. Itu aset. Sholat jenazah itu isinya doa semua. Anak itu kekayaan d dunia dan akhirt.
Rasululloh "Kamu (anak lk2) dan hartamu milik org tuamu." artinya, wlwpun sdh menikah, org tua pnya hak atas hrta qt.
Anak2 yg qt dorong untk mnghfl quran 30 juz kelak dihari kiamat yg mendpt keiztimewaan bukan hny anak itu, tp jg org tuanya (mahkota).

Hilangkan anggapan bhw anak2 itu beban. Anak2 tdk numpang hidup pd qt. Numpang? Anda sombong. Bayi lahir sudh membawa rezekinya. Yg menjd msalah qt ga percaya sm Alloh.

Tdk ingn punya anak banyak krn biaya pendidikan mahal? Logis. Tp iman belum berperan.
Klo anak adalah aset, qt pgn pnya sedikit atau banyak?

Apa fungsinya sabr dan syukur klo bukan untk bahagia. Tawakal.

Petani itu bahagia saat tanamannya tumbuh baik, pdhl belum panen. Saat hujan turun, padahal belum nanem. Jd bahagia itu jgn tunggu panen, jgn tunggu smp anak besar. Asal prosesnya baik. Klo seperti ini mk org tua akan bahagia sepanjang usia anaknya. Ada masanya ketika org tua panen raya. Syaratnya, hnya dg cara islam.

Mendidik anak itu persis seperti menanam tanaman.
Alloh berfirman dlm surt 3: 35-37, didik anak dg pertumbuhan yg baik.

Di akhir surat al fath. Berbicra ttd proses pertumbuhan tanaman hingga ia kokoh. Tp dlm ayat ini Alloh tdk membahas hingga tnmn tsb berbuah. Namun hingga thp ini sudh menyenangkan hati penanamnya. Alloh berbicara ini (tanaman) ketika Rasul mendidik sahabat2nya.
Dlm surt ini, belum panen saja Alloh sdh memberikan kebahagiaan.

Anak qt yg menanam siapa? Kita. Setiap proses pertumbuhannya qt merasakan bahagia.

kapan alloh bicara buahnya? D surt ibrohim : 24-25.
Baiknya anak qt nanti, mk itu adlh hak Alloh. Tugas qt adalah menanamnya dg baik. Semoga kelak Alloh mengizinkan agr hasilnya baik jg.

Tapi ingat, pohon itu kan yang kita konsumsi ga cuma buah. Didik anak juga sama. Tetapi itu dengan izin Alloh. Maka didiklah anak qt dg maksimal. Ikuti caranya.

Dalam sebuah hadits Rasulullah saw menyampaikan bahwa ada sebuah pohon. Dimana Keberkahan pohon itu seperti keberkahan seorng mukmin. Pohon apa itu? Pohon kurma.

Pelajari pohon kurma untk mendidikan anak kita. Pohon kurma itu berkah kt rosul. Kurma itu berbuahnya perlu wKtu lama, 8 thn. Tp hasilnya juga sesuai dg kesabarn qt memetik buahnya. Sama seperti pohon zaitun yg bisa menopang perekonomian spanyol. Jk pohon ini baik, mk ia akan lebih panjang dr usia qt.

Pohon ini usianya ratusan tahun. Teruuss berbuah. Nutrisi kurma berbeda dg nasi. Sesuai dg kesabaran menunggunya berbuah.

Yg tumbuh pertama dr pohon kurma adalah thol/mayang/bakal buah, tp perlu dikawinkan dl. Berdasarkan hasil penelitian, mayang jantan kurma, memiliki warna, aroma, dan fungsi yg mirip seperti sperma manusia.

Mayang, akan tumbuh berwarna hijau (kholal), menyenngkn dr segi pemandangan wlw rasanya belum manis. Anak qt pun demikian.

Susui dg cara yg benar. 3-6thn adlh usia yg sgt pntg mndptkn sentuhan dr ortunya krn sdg pndai untk meniru. Konsep pendidikan yg plg tepat disaat itu adlh keteladanan. Memang belum manis. Tp klo anak berprilaku baik dan lucu akan menyenngkn.

Setelah kholal kemudian akan menjadi berwrna kuning. Mulai ada sedikit rasa manisnya. Setiap fase ada wrna2 indah pd anak2 qt.

Kemudian berwrn merah (balah). Rasanya sdh mulai enak. Klo sdh usia 7thn nabi perinthkn untk sholat. Dijaga hingga 10thn. Evaluasi. Bacaannya. Masih disuruh2 atau ga. Bahkan nabi memerinthkn untk memukul dg pukulan pendidikn. Jika sholatnya baik, yg lainnya akan baik. Dan perjelas status dia laki2 dan perempuan. Pisahkan tmpt tidur mereka. Apalgi dg org lain. Usia 10thn seharusnya sdh tdk boleh cium tgn dg gurunya. Sebaiknya pendidikan dipisah mulai usia 10thn. Pelanggaran d tahap ini akn buruk di usia berikutnya.

Tanamkan ilmu agama terlebih dahulu. Bukan ilmu umum dulu. Bacakan ayat2 quran. Sucikan hati mereka. Ajari Ilmu Tafsir dan ilmu hadits nabi. Sesuai dg surat aljumu'ah ayat 2. Lalu kemana ilmu eksak? Itu nnti. Ad di surat al-baqoroh.

Fase rusyda. Usia baligh. Bicara masalah harta. Annisa ayat 5&6. Kemmpuan menyimpan dan mengmbngkn uang dg bai, dll.

kemudian kurma itu dr berwarna Merah menjadi ruthob. Wrnnya coklat. Rasanya manis sekali. pada saat inilah anak akan berprilaku baik dg sendiriny krn telah ditanamkan nilai2 kebaikan pada fase2 sebelumnya.
smg kelak anak qt menjadi anak yg sholih dan sholihah... Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Out of Comfort Zone

Bismillah Sebagai warganet, sulit rasanya untuk tidak terlibat, setidaknya ikut beropini dalam kejadian-kejadian yang ramai diberitakan...