Senin, 07 Januari 2013

Download Khutbah Jum'at: Tahsinul Huluq


Assalaamu'alaikum wr. wb.

Bismillahirrahmanirrahiim

Akhlak adalah sifat-sifat dan perangai yang memberikan gambaran batin yang bersifat maknawi dan rohani pada manusia, dimana dengan gambaran itulah manusia dibangkitkan di saat hakikat segala sesuatu tampak di hari kiamat nanti.  Jujur, Sabar dan Pemaaf adalah sebagian contoh dari akhlak dan sifat mulia, sementara Dusta, Pemarah dan Pendemdam menjadi gambaran sifat yang tercela. 

Akhlak (akhlaq) adalah bentuk jamak dari kata khuluq  yang kalau dihubungkan dengan manusia, kata khuluq adalah lawan kata khalq . Jasmani apabila tersusun dengan rapi dan baik maka disebut Husnul Khalq [baik ciptaannya, bentuknya] yaitu gambaran lahiriahnya baik. Begitu pula gambaran batin manusia, apabila tersusun dari sifat-sifat yang indah, pribadi yang baik dan perilaku yang mulia maka gambaran batinnya baik, dan itulah yang disebut Husnul Khuluq [akhlak yang baik]. Gambaran batin itulah yang dilihat oleh Allah SWT, dan dengan gambaran itu pula , manusia dibangkitkan kelak di hari Kiamat.

Dari penjelasan ini tampak bahwa potret jasmani seorang manusia derajatnya sama sekali tidak sama dengan potret ruhaninya. Dengan demikian , seorang yang berakal serta beriman, wajib untuk mengerahkan segala kemampuannya untuk meluruskan akhlaknya dan berperilaku dengan perilaku yang dicintai oleh Allah SWT serta melaksanakan maksud dan tujuan dari diutusnya baginda Rasullah SAW yang bersabda :

إنـما  بعــثـتُ  لأتـمّمَ  مكـارم الأخْـلا ق

Bahwasanya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak 

Download Khutbah selengkapnya DISINI

Wassalaamu'alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Out of Comfort Zone

Bismillah Sebagai warganet, sulit rasanya untuk tidak terlibat, setidaknya ikut beropini dalam kejadian-kejadian yang ramai diberitakan...