Selasa, 21 Februari 2012

Pentingnya Menghafal Al-Qur’an





     1.      Menjaga kemutawatiran Al-Qur’an
Al-Qur’an bisa sampai pada kita karena adanya usaha dari para sahabat, tabi’in, tabi’it tabi’in dan para ulama dalam menghafal Al-Qur’an. Rasulullah menerima wahyu dari Allah dengan cara menghafalkannnya.

2.      Meningkatkan kualitas umat.
Umat Islam telah dibekali oleh Allah SWT suatu mukjizat yang sangat besar, yaitu Al-Qur’an. Ia merupakan sumber ilmu dan petunjuk bagi manusia. Tidak terangkat kualitas umat ini kecuali dengan Al-Qur’an.
“ Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka apakah kamu tiada memahaminya?” (QS. 21: 10)
Pertanyaannya : MAMPUKAH KITA MENGGALI POTENSI YANG YANG SANGAT BESAR INI? Padahal Allah telah memberikan kemudahan kepada kita, “Sungguh telah Kami mudahkan Al-Qur’an itu mempelajarinya, menghafalkannya, dan mentadabburkannya …” (QS. 54 :17, 22, 23, 40)

3.      Menjaga Terlaksananya Sunah-Sunah Rasulullah SAW
Menceritakan bagaimana panjangnya shalat Rsaulullah SAW.
“Sesungguhnya panjang shalat seseorang dan pendek khutbahnya merupakan tanda kepahaman diennya.” (HR. Muslim)

4.      Menjauhkan mu’min dari aktivitas laghwu (tidak ada nilainya di sisi Allah)
Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang yang khusyu dalam shalatnya dan menjauhkan diri dari yang laghwu.” (QS. 23 : 1-3)
Banyak cara yang dapat kita lakukan agar kita terhindar dari laghwu. Salah satunya adalah mengisi waktu kita dengan membaca, dan menghafalkan Al-Qur’an.

5.      Melestarikan Budaya Salafus Shalih
Banyak para ulama yang hafal Al-Qur’an pada saat usia mereka belum baligh, seperti Imam Syafi’I yang hafal Al-Qur’an pada usia 7 tahun dan Imam Malik hafal Al-Qur’an pada usia 10 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Out of Comfort Zone

Bismillah Sebagai warganet, sulit rasanya untuk tidak terlibat, setidaknya ikut beropini dalam kejadian-kejadian yang ramai diberitakan...