Senin, 30 April 2012

Islam dan Ucapan Selamat


Oleh: Nabiel Fuad Al-Musawa

Sebuah sistem yang sempurna aspeknya dan diturunkan oleh Yang Maha Sempurna pastilah tidak akan meninggalkan berbagai sisi, melainkan ia memberikan pedoman serta  arahan   bagi   penganutnya.  Demikianlah   Islam   sebagai   sistem   agama  juga negara,  politik  dan  ekonomi,  dzikir  dan  aqidah,  sosial  dan  seni,  pengetahuan  dan militer;   telah   mengatur   berbagai   sisi   yang   sebenarnya   sangat   dibutuhkan   oleh ummatnya   walaupun   kerap   kali   dianggap   sepele,   dan   diantara   sisi   yang sering diremehkan itu adalah masalah tahni'ah (greeting) dalam kehidupan bermasyarakat.


Tahni'ah  adalah  bagian  dari  kehidupan  berteman  dan  etika  dalam  bermasyarakat, oleh  sebab  itu  Islam  tidak  mengabaikan  hal  ini  dalam  aturannya  yang  sempurna. Nabi    SAW    mengajarkan    kepada    kita    agar    jika    kita    menyenangi    perbuatan seseorang agar tidak segan-segan untuk menyampaikan kepadanya, sehingga yang bersangkutan dapat mensyukuri kelebihan yang dimilikinya dan merespon perhatian  dari  saudaranya.  Dan  oang  yang  paling  tinggi  derajatnya  disisi  ALLAH SWT adalah orang yang paling tinggi perhatiannya kepada saudaranya, sebagaimana  sabda  nabi  SAW  :  "Dua  orang  yang  saling  mecintai  (karena  ALLAH), maka   yang   paling   tinggi   diantara   keduanya   adalah   yang   paling   kuat   cintanya kepada temannya." [1].

Dan  kebiasaan  memberikan  ucapan  selamat  ini  (sepanjang  tidak  menyalahi  aturan syari'at)  merupakan  tradisi  yang  sangat  mulia  (shifat  al-‘ulya)  yang  dicontohkan oleh  ALLAH  SWT  sendiri,  simaklah  bagaimana  ALLAH  SWT  senantiasa  memberikan ucapan   selamat   kepada   para   hamba-NYA   di   dalam   al-Qur'an.   IA   memberikan ucapan selamat kepada hamba-NYA yang taat beribadah kepada-NYA, sebagaimana dalam   firman-NYA :  "Rabb   mereka   memberi   ucapan   selamat kepada   mereka   dengan   rahmat,   keridhaan   dan   jannah-nya,   dan   mereka mendapatkan  di  dalamnya  kesenangan  yang  abadi."  (QS.  at-Taubah,  9  : 21).

Demikian   pula   Ia   memberikan   ucapan   selamat-NYA   kepada   hamba-hamba-NYA yang  jujur  dan selalu  mengambil  yang  terbaik,  sebagaimana  dalam  firman-NYA  :

"dan oleh sebab itu sampaikanlah ucapan selamat kepada hamba-hamba-Ku yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti  yang terbaik  diantaranya." (QS. az-Zumar, 39 : 17-18).

Kebalikan   dari   hal   ini,   maka   Islam   pun   melarang   kita   untuk   memperlihatkan kegembiraan   atas   kesusahan   orang   lain   apalagi   jika   kemudian   menyebarkan keburukan   yang   dialami   oleh   saudaranya   tersebut   kepada   orang   lain.   Kepada mereka  yang  berbuat  demikian,  ALLAH  SWT  mengancam  dengan  azab  yang  pedih
(artinya  hal  tersebut  merupakan  perbuatan  dosa  besar),  sebagaimana  firman-NYA dalam al-Qur'an : "sesungguhnya orang-orang yang suka agar perbuatan keji   itu   tersiar   dikalangan   orang   beriman,   maka   bagi   mereka   azab yang pedih di dunia dan di akhirat." (QS. an-Nur, 24 : 19).

Ucapan    selamat    ini    pun    berlaku    bagi    non-muslim,    artinya    kita    dibolehkan bergembira  dan  mengucapkan  selamat  atas  kegembiraan  yang  diraih  oleh  kenalan atau   pun   kolega  yang  non-muslim   (dzimmi),  sepanjang  tidak   berkaitan   dengan masalah aqidah dan ibadah (seperti ucapan selamat untuk hari keagamaan tertentu misalnya),  karena  dalam  masalah  aqidah  dan  ibadah  maka  bukanlah  termasuk hal- hal   yang   masuk   dalam   wilayah   bolehnya   ditoleransi.   Pembolehan   pengucapan selamat  dalam  selain  masalah  aqidah  dan  ibadah  ini  didasarkan  pada  sunnah  para sahabat  ra,  sebagaimana  diriwayatkan  dari  Ibnu  Abbas  ra,  katanya  :  Seandainya Fir'aun  berkata  kepadaku  :  Semoga  Tuhan  memberikan  kebaikan  atasmu,  maka akan  saya  jawab  :  Dan  juga  atasmu.  Tetapi  Fir'aun telah  mati  [2].  Dibolehkan  juga berdoa  untuk  orang  kafir  (dzimmi)  sepanjang  bukan  doa  yang  berkaitan  dengan keselamatan,  rahmat  dan  barakah  ALLAH  SWT  (atau  yang  semisal  dengan  itu). Artinya   seperti   doa   agar   ia   diberi   hidayah,   dipanjangkan   umur   dan   diberikan kesehatan,  dan  sebagainya.  Sebagaimana  dalam  atsar  sahabat  berikut  ini  :  Dari Uqbah  bin  Amir  al-Juhani  bahwa  ia  melewati  seorang  yang  penampilannya  seperti muslim,   maka   ia   pun   mengucapkan   salam   dan   dijawab   oleh   orang   itu.   Maka seorang  anak  tiba-tiba  berkata  kepadanya  :  Ia  itu   orang  Nasrani!   Maka  Uqbah menghampirinya  kembali  lalu  berkata  :  Sesungguhnya  rahmat  dan  barakah  ALLAH hanyalah  bagi  orang-orang mu'min.  Tetapi  semoga  ALLAH memanjangkan hidupmu dan membuat harta dan anakmu menjadi banyak [3].

---

[1]   HR.   Bukhari   dalam   Adabul   Mufrad,   423/544   dan   di-shahih-kan   oleh   Albani dalam ash-Shahihah (450).
[2]  HR.  Bukhari  dalam  Adabul-Mufrad,  dan  di-shahih-kan  oleh  Albani  dalam  ash-
Shahihah (2/329).
[3]   HR.   Bukhari   dalam   Adabul   Mufrad,   dan   di-shahih-kan   oleh   Albani   (al-Irwa
1274).  Dan  dia  (Albani)  berkata  :  Aku  katakan  atsar  dari  sahabat  yang  mulia  ini menunjukkan  bolehnya  berdoa  untuk  panjang  umur,  sekalipun  untuk  orang  kafir, apalagi   untuk   orang  muslim   tentu   lebih   utama.   Tapi   harus   diperhatikan   bahwa orang  kafir  itu  haruslah  bukan  musuh  ummat  Islam,  dan  karenanya  berlaku  juga ta'ziyyah  kepada  mereka,  berdasarkan  hal  yang  terkandung  dalam  atsar  ini,  maka ambillah faidah (hukum) ini.


(#) Hadits Riwayat :
1. Abu Daud, kitab al-Adab, bab Ikhbarur Rajuli ar-Rajula bi Mahabbatihi lahu.
2. Tirmidzi, kitab az-Zuhdu, bab Ma Ja'a fi I'lamil Hubbi.
3. Di-shahih-kan oleh Syaikh Albani dalam ash-Shahihah (417, 2515).

original Source: Kotasantri.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HADITS DAKWAH PERTEMUAN KE 11

HADITS HADITS TENTANG KEUTAMAAN DAKWAH HADITS HADITS YANG BERKAITAN DENGAN KEUTAMAAN DAKWAH   A.     Dakwah adalah Muhimmatur Rus...